Jumat, 29 Juni 2012

PESAWAT TEMPUR TNI AU PAKSA MENDARAT PEASAWAT ASING DI LANUD SOEWONDO


Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 100/200 melakukan pemaksaan mendarat (force down) terhadap pesawat asing di Pangkalan TNI AU Lanud Soewondo, jumat (29/6).

            Setelah mendarat pesawat tempur asing dengan 1 awak, lalu di giring oleh pasukan Khas TNI AU, POM AU Lanud Soewondo beserta petugas lain menuju Appron kelapa sawit Lanud Soewondo di bawah todongan senjata oleh POM AU dan pengawalan ketat oleh Paskhas AU. Pilot asing tersebut digeledah oleh POM AU, selanjutnya digiring menuju kesatu ruangan yang ada di Baseops Lanud Soewondo untuk menjalankan proses interogasi yang di laksanakan oleh petugas Inteligent udara Lanud Soewondo.

            Demikian scenario jalannya latihan kesiap siagaan pertahanan udara nasional dengan nama sandi “ LATIHAN OPERASI HANUDNAS PERKASA C 2012 “ yang di gelar Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional III Medan yang dilaksanakan di Lanud Soewondo.

            Dalam puncak latihan yang di gelar di wilayah Kosek Hanudnas III Medan, tidak saja melaksanakan pemaksaan mendarat terhadap pesawat tempur asing, namun juga dilaksanakan scramble pesawat tempur TNI AU guna menghalau pesawat asing yang memasuki wilayah NKRI tanpa izin yang terdeteksi oleh satuan radar di jajaran Kosek Hanudnas III Medan, yang berlangsung dari tanggal 28-30 Juni 2012.

            Dalam latihan Operasi Hanudnas Perkasa C 2012 kali ini melibatkan pesawat tempur jenis Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, selain itu juga melibatkan helicopter Super Puma dari Skadron Udara 7, dan Pesawat Boeing 737 dari Skadron Udara 5 Lanud HND Makassar dan di dukung sarana operasi penerbangan oleh Danlanud Soewondo Kolonel Pnb A Rasyid Jauhari beserta Staf. (Pen Lanud SWO)   
           




0 komentar:

Posting Komentar

BLOG TERKAIT

 
Design by Franzire | Bloggerized by Pentak Lanud Medan | coupon codes